Translate

KESENIAN TRADISIONAL SINGO ULUNG

Tari tradisional ini diciptakan oleh seorang pria bernama Singo dihormati. Singo adalah nama orang yang datang dari Blambangan. Dia berlari ...

Tari tradisional ini diciptakan oleh seorang pria bernama Singo dihormati. Singo adalah nama orang yang datang dari Blambangan. Dia berlari dari Blambangan untuk menyelamatkan diri dan tinggal di Desa Blimbing Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso. Singo Ulung dan istrinya Nyi Moena dengan Ki Jasiman, telah membantu dan bekerja sama satu sama lain untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera masyarakat di desa Blimbing. Dia peduli tentang sawah dan masyarakat lainnya yang dibutuhkan. Banyak orang bangga tentang dia. Itu sebabnya, Akhirnya dia memilih untuk menjadi kepala desa pertama dari desa Blimbing.
Suatu hari, ia memiliki ide untuk menciptakan tari tradisional umum disebut Singo Ulung yang dimainkan oleh dua orang. Tarian ini telah diiringi dengan musik khusus yang dapat membuat penonton merasa heran. Seni bersama-sama dengan seni Pojian, seni Ojung selalu menunjukkan pada upacara adat yaitu "Bersih Desa Blimbing" yang selalu diadakan setiap tahun (bulan Sya'ban / Ruwah). Di sisi lain, ini pertunjukan seni bisa dinikmati pada saat tahunan "Hari Jadi Bondowoso" tepatnya pada 16 Agustus.
Disain kaos ini diinspirasi dari sebuah kebudayaan dari daerah Bondowoso. Jawa Timur yaitu Singo Ulung. Tarian ini menampilkan singa jadi-jadian dan beberapa penari serta pemain ojung dengan iringan musik tradisional khusus. Menurut sejarah, kesenian Singo Ulung ini asal mulanya ditemukan oleh Singo. Nama Singo ini berasal dari daerah Blambangan dan mempunyai istri dari desa Blimbing (Bondowoso). Singo dan istrinya turut membangun desa Blimbing, kemudian Singo diangkat menjadi Kepala Desa Blimbing oleh masyarakat setempat. Kemudian terciptalah tarian Singo Ulung, dan biasanya ditarikan ketika upacara Bersih Desa Blimbing.

Tari Singo Ulung ini merupakan perpaduan dari seni tari ojung dan tari topeng. Tarian ini merupakan tradisi ritual yang digelar oleh masyarakat desa Blimbing karena kemarau yang panjang dan oleh masyarakat dipakai sebagai tradisi untuk meminta hujan.
Penampilan Singo Ulung memang sepintas seperti barongsai. Tapi, hal tersebut dibantah Sugeng, pimpinan dan pengemas kesenian ini. Menurut Sugeng, Jauh sebelum masuknya kesenian Cina itu ke Indonesia atau sekitar 511 tahun lampau, kesenian Singo Ulung sudah ditampilkan di Tanah Air, khususnya di Bondowoso.
Meski disini sudah terjadi perubahan yang signifikan dibanding dengan aslinya, namun kesan mendasarnya tetap dipertahankan.

COMMENTS

Name

Budaya,2,Kuliner,2,Sejarah,2,wisata,31,
ltr
item
Kapan Kesini!!: KESENIAN TRADISIONAL SINGO ULUNG
KESENIAN TRADISIONAL SINGO ULUNG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIGhym0KzRhdKDWoi6gELI2zlXQjysKe4SaaEU0opIrRLJ9yF5V7w271U5FnBrjbHKw1oBMsaAkdhU4rCRoJaUFqulG8Jy-vtwspJ3axvHn4z3BOUR5PoAH5IKZCPbIv__-1rwbqBQx8s8/s400/singo.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIGhym0KzRhdKDWoi6gELI2zlXQjysKe4SaaEU0opIrRLJ9yF5V7w271U5FnBrjbHKw1oBMsaAkdhU4rCRoJaUFqulG8Jy-vtwspJ3axvHn4z3BOUR5PoAH5IKZCPbIv__-1rwbqBQx8s8/s72-c/singo.jpg
Kapan Kesini!!
https://kesinikapan.blogspot.com/2015/12/kesenian-tradisional-singo-ulung.html
https://kesinikapan.blogspot.com/
http://kesinikapan.blogspot.com/
http://kesinikapan.blogspot.com/2015/12/kesenian-tradisional-singo-ulung.html
true
8516925814001615606
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy